Naikan akselerasi buat VARIO Techno 125

Bagi sobat bloger yang ingin menaikan akselerasi Vario Techno 125.. Trik ini mungkin bisa bermanfaat buat Sobat bloger semuanya.
Walaupun ISi posting di sini Wlaupun hasil copy paste tapi saya bertujuan ingin membagi ilmu kepada Sobat bloger maupun masyarakt semua.

Ok langsung z berikyt caranya
 
bahan2 :
  1. per CVT beat / vario old ,bisa yg standart atau racing (kalo yg racing usahakan pake yg rpm1000 aja) harga :Rp 60.000 an
  2. roller ukuran 14gr,bisa pake flying roller (mahal),atau alternatifnya pake roller spin(Rp 65.ooo / set ) , pengen lebih murah lagi roller bawaan dibor aja besi tengahnya pake mata bor 14 mm(gratis kalo punya bor listrik dan mata bornya) 
  3. niat 

note:
per cvt atas = standart dari vario 125,tengah = standart beat , bawah = TDR beat rpm 1500 ,roller standart vario 125 yg di bor pake mata bor 14 mm

alat2 yg diperlukan :
    kunci T8
    kunci ring /sok 22mm dan 19mm
    special tool (flywheel holder)
    dan kunci ring special untuk membuka mur kopling cvt






note : buat yg tidak punya flywheel holder bisa pake cara diganjel :D buat menahan moveable driven face ( puli depan )
 
Urutan cara pembongkaran CVT vario 125:
  1. buka 10 baut tutup cvt dg kunci  t8, jangan lupa untuk di pisahkan karena ada 3 jenis panjang dari baut tsb agar nantinya tidak tertukar
  2. tahan drive face (puli yg ada kopling gandanya) dg special tools (flywheel holder) dan buka baut penguncinya dg kunci ring / sok 19mm,lepas mangkok cvtnya
  3. tahan driven face (puli depan) dg special tools (kalo ga ada bisa tiru cara saya yaitu di ganjel dg konci sok 12mm,tidak di anjurkan  ) , buka mur penguncinya dh kunci ring / sok 22mm ,jangan lupa untuk memisahkan komponen2 yg ada pada kedua part (ring,mur dll) agar nanti ketika merakit tidak tertukar
  4. tahan kopling ganda dan buka mur 31mm nya dg kunci ring sambil menekan kebawah,hati2 rangkaian kopling ganda bisa meloncat keluar jika tidak di tekan ke bawah
  5. ganti per cvtnya dg beat / vario,dan rakit kembali rangkaian kopling ganda
  6. ambil roler dan ganti dg yg anda punyai dan pasang, atau kalo pengen ngirit bisa niru cara saya yaitu lobang rollernya di perbesar dg bor listrik 14mm
  7. tata rollernya dg sisi2nya tdk saling berhadapan
  8. rangkai kembali driven face dan rollernya trus pasang v-beltnya
  9. rangkai semua part yg telah diganti dan jangan lupa untuk mengeraskan mur dan baut yg telah di buka
  10. selesai , coba nyalakan motor dan rasakan bedanya 
menurut link disini,inilah hasil yg diperoleh setelah penggantian part2 tsb:

Per CVT Standar Per CVT BeAT
0-60 km/jam 7,8 detik 7,6 detik
0-80 km/jam 14,6 detik 14,2 detik
0-100 km/jam 31,9 detik 30,9 detik
0-201 meter 14,5 detik 14,1 detik
seperti yg saya sebutkan di judul diatas,penggantian ini akan membuat akselerasi vario 125 anda akan semakin ganasssss,dan karena cukup “buka sitik josssssssssss”  maka ujung2nya konsumsi bahan bakar juga semakin irit,asal ga terlalu ngalay aja hehehehehehe 
note:saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau hilangnya garansi mesin motor anda setelah modifikasi ini,soooo don’t do unless you no what you do,lha wong semua garansi motor saya udah hangus kok  karena udah saya utak-atik
last,keep safety on street , semoga berguna dan salam DIY

Special thanks http://diy4all.wordpress.com/2013/02/25/racun-akselerasi-buat-vario-125/
 

3 comments:

  1. suara motor saya kasar sekali terutama pada daerah rollernya.dan bunyinya dok dok..gitu padahal sudah saya service kebengkel resmi nya honda.mtor saya vario 125.dan semua komponen pada cvt masih bagus kata mecanjknya.. kira2 apanya ya...???

    ReplyDelete
  2. Biasanya itu tempat roller nya bos klo bunyi dok dok dok klo dtmpat ane namanya voly

    ReplyDelete
  3. Biasanya itu tempat roller nya bos klo bunyi dok dok dok klo dtmpat ane namanya voly

    ReplyDelete

 
SELAMAT DATANG DI BLOG JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK AL-KHOERIYAH-MUDAH- mudah-mudahan artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan bagi para siswa SMK Al-KHOERIYAH tentunya