Mengenal Konsep Teknologi Blue Core Andalan Yamaha



Sebenarnya Blue Core itu bukanlah sebuah teknologi atau salah satu komponen di mesin. “Tapi Blue Core itu adalah sebuah filosofi design mesin Yamaha dan merupakan sebuah komitmen, para engineering yang akan memberikan 3 keunggulan yaitu, kenggulan di pembakaran, minim gesekan (reduce powerless) dan terakhir keunggulan pada pendinginan maksimal," terang M. Abidin GM Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia (YIMM).

"Ending-nya, terciptanya motor yang maksimal dan sesuai dengan kemauan para konsumen Yamaha,” sambungnya. Di Yamaha Mio M3, keunggulan di pembakaran itu dengan melakukan optimalisasi durasi noken as in dan ex. Sehingga didapatkan campuran bahan bakar dan udara yang tepat, serta waktu yang akurat.





Desain ruang bakar yang hemispherical juga masuk dalam keunggulan di pembakaran. Dimana bentuk ruang bakar yang setengah lingkaran, membuat campuran bahan bakar dan udara lebih cepat berada di permukaan piston.

Offset Cylinder jadi terapan dalam urusan meminimkan gesekan. Dengan penerapan ini maka benturan piston ke dinding silider jadi minim, juga berefek kurangnya vibrasi dan hasil akhirnya tenaga yang terdistribusi jadi besar.

Ada beberapa hal, kalau berbicara soal pendinginan maksimal. Di antaranya sistem pendinginan silinder (sudut kipas besar, air shroud yang mengarah ke silinder dan sirip silinder yang tipis juga banyak).

DiASiL Cylinder yang membuat mampu melepas panas dengan baik dan kuat juga enggak mudah berubah bentuk. Forged Piston yang membuat bobot part tersebut jadi ringan dan kokoh. Enggak kalah pentingnya adalah Oil Jet Piston Cooler yang mampu mendinginkan suhu piston dari bawah. 


Sourch:otomotofnet.com

0 comments:

Post a Comment

 
SELAMAT DATANG DI BLOG JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK AL-KHOERIYAH-MUDAH- mudah-mudahan artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan bagi para siswa SMK Al-KHOERIYAH tentunya