Penyebab Honda beAT Tersendat di kecepatan 40-60km/h

Honda matic ini sudah banyak di pakai oleh masyakat indonesia, baik oleh anak sekolah, ibu-ibu, bapa bapa. dsb. Mungkin ada yang mengeluh si beat ini kadang kadang tersendat-sendat pada saat kecepatan 40-60km/h kecepatan konstan. selain beat mungkin matic matic yang lain ada juga MEmang CVT klo sudah berumur harus melakukan jadwal maintenance.
berikut menyebabkan terjadinya ubnormal vibration tersebut :



kasus  tersendat  tersebut terjadi pada unit CVT dan di Pulley bagian  depan atau disebut driven face  dimana pulley ini  bisa mengembang /menyempit sesuai kecepatan motor , mengembang ..nya pulley  ini karena di sebelah dalam pulley terdapat rollerpemberat / roller weight (gambar no 7 ) yang bisa bergerak karena gaya sentri fugal dan bisa menggeser pulley sebelah dalam (  face movable drive)



nah roller pemberat berjumlah 6 biji yang berbentuk silindris tersebut terbuat dari  bahan seperti atom plastik , dimana setiap saat  bekerja bergesekan dengan pulley face movable drive sehingga  roller bisa terkikis  dan  bentuknya tak lagi  silindris, namun  cenderung benjol gitu dech  :mrgreen: ,  nah  kalau sudah benjol bisa dipastikan pergerakan mengembangnya pulley tidak smoth , karena pergerakan face movable drive yang di picu oleh  desakan roller pemberat  tidak serentak berbarengan . so  saat  di hunakan ber akselerasi atau kecepatan sedang maka  vibrasi akan sangat terasa pada matic tersebut . solusi nya  ===>>  ganti roller pemberat sesuai jadwal penggantian / sesuaikan selera akselerasi dengan kombinasi berat roller yang akan di aplikasikan ..


ada lagi kasus suara bergesek mirip cakram yang kampas nya habis…..  paling kerasa saat jalan pelan dan handle gas ditutup atau saat motor didorong dalam keadaan mati  ….. sring  sriing   sreeekk


kalau kejadian tersebut terjadi pada unit  cvt pulley  belakang , paling  banyak di temui pada yamaha mio,  namun juga bisa menyerang semua jenis matic …  penyebabnya adalah RUBBER, CLUTCH DAMPER (no 5) yang sudah melar ….  karet dumper tersebut ada 3 biji ,  dan  karena  kerja sentrifugal cluth pada pulley  belakang  bergesekan pada kecepatan tinggi , maka karena panas suhu tinggi seiring  umur  pasti akan menyebabkan karet melar, akibatnya kampas sentrifugal sudah menyentuh permukaan outer comp cluth (gambar no 1)  sebelum   kampas sentri fugal mendapat gaya pental dari rpm tinggi

tips murahnya adalah , potong permukaan karet yang melar……, namun  kalau  spare part tersedia mending ganti sekalian :)

kalau masih  baru trus ada masalah seperti di atas coba  komplain  ke  dealer mas mumpung masih garansi!

Special Thanks to http://azizyhoree.wordpress.com/2012/03/02/penyebab-honda-beat-tersendat-di-kecepatan-40-60kpj

0 comments:

Post a Comment

 
SELAMAT DATANG DI BLOG JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK AL-KHOERIYAH-MUDAH- mudah-mudahan artikel di blog ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan bagi para siswa SMK Al-KHOERIYAH tentunya