Honda matic ini sudah banyak di pakai oleh masyakat indonesia, baik oleh anak sekolah, ibu-ibu, bapa bapa. dsb. Mungkin ada yang mengeluh si beat ini kadang kadang tersendat-sendat pada saat kecepatan 40-60km/h kecepatan konstan. selain beat mungkin matic matic yang lain ada juga MEmang CVT klo sudah berumur harus melakukan jadwal maintenance.
berikut menyebabkan terjadinya ubnormal vibration tersebut :
kasus tersendat tersebut terjadi pada unit CVT dan di Pulley bagian depan atau disebut driven face dimana pulley ini bisa mengembang /menyempit sesuai kecepatan motor , mengembang ..nya pulley ini karena di sebelah dalam pulley terdapat rollerpemberat / roller weight (gambar no 7 ) yang bisa bergerak karena gaya sentri fugal dan bisa menggeser pulley sebelah dalam ( face movable drive)
nah roller pemberat berjumlah 6 biji yang berbentuk silindris tersebut terbuat dari bahan seperti atom plastik , dimana setiap saat bekerja bergesekan dengan pulley face movable drive sehingga roller bisa terkikis dan bentuknya tak lagi silindris, namun cenderung benjol gitu dech :mrgreen: , nah kalau sudah benjol bisa dipastikan pergerakan mengembangnya pulley tidak smoth , karena pergerakan face movable drive yang di picu oleh desakan roller pemberat tidak serentak berbarengan . so saat di hunakan ber akselerasi atau kecepatan sedang maka vibrasi akan sangat terasa pada matic tersebut . solusi nya ===>> ganti roller pemberat sesuai jadwal penggantian / sesuaikan selera akselerasi dengan kombinasi berat roller yang akan di aplikasikan ..
ada lagi kasus suara bergesek mirip cakram yang kampas nya habis….. paling kerasa saat jalan pelan dan handle gas ditutup atau saat motor didorong dalam keadaan mati ….. sring sriing sreeekk
kalau kejadian tersebut terjadi pada unit cvt pulley belakang , paling banyak di temui pada yamaha mio, namun juga bisa menyerang semua jenis matic … penyebabnya adalah RUBBER, CLUTCH DAMPER (no 5) yang sudah melar …. karet dumper tersebut ada 3 biji , dan karena kerja sentrifugal cluth pada pulley belakang bergesekan pada kecepatan tinggi , maka karena panas suhu tinggi seiring umur pasti akan menyebabkan karet melar, akibatnya kampas sentrifugal sudah menyentuh permukaan outer comp cluth (gambar no 1) sebelum kampas sentri fugal mendapat gaya pental dari rpm tinggi
tips murahnya adalah , potong permukaan karet yang melar……, namun kalau spare part tersedia mending ganti sekalian :)
kalau masih baru trus ada masalah seperti di atas coba komplain ke dealer mas mumpung masih garansi!
Special Thanks to http://azizyhoree.wordpress.com/2012/03/02/penyebab-honda-beat-tersendat-di-kecepatan-40-60kpj
berikut menyebabkan terjadinya ubnormal vibration tersebut :
kasus tersendat tersebut terjadi pada unit CVT dan di Pulley bagian depan atau disebut driven face dimana pulley ini bisa mengembang /menyempit sesuai kecepatan motor , mengembang ..nya pulley ini karena di sebelah dalam pulley terdapat rollerpemberat / roller weight (gambar no 7 ) yang bisa bergerak karena gaya sentri fugal dan bisa menggeser pulley sebelah dalam ( face movable drive)
nah roller pemberat berjumlah 6 biji yang berbentuk silindris tersebut terbuat dari bahan seperti atom plastik , dimana setiap saat bekerja bergesekan dengan pulley face movable drive sehingga roller bisa terkikis dan bentuknya tak lagi silindris, namun cenderung benjol gitu dech :mrgreen: , nah kalau sudah benjol bisa dipastikan pergerakan mengembangnya pulley tidak smoth , karena pergerakan face movable drive yang di picu oleh desakan roller pemberat tidak serentak berbarengan . so saat di hunakan ber akselerasi atau kecepatan sedang maka vibrasi akan sangat terasa pada matic tersebut . solusi nya ===>> ganti roller pemberat sesuai jadwal penggantian / sesuaikan selera akselerasi dengan kombinasi berat roller yang akan di aplikasikan ..
ada lagi kasus suara bergesek mirip cakram yang kampas nya habis….. paling kerasa saat jalan pelan dan handle gas ditutup atau saat motor didorong dalam keadaan mati ….. sring sriing sreeekk
kalau kejadian tersebut terjadi pada unit cvt pulley belakang , paling banyak di temui pada yamaha mio, namun juga bisa menyerang semua jenis matic … penyebabnya adalah RUBBER, CLUTCH DAMPER (no 5) yang sudah melar …. karet dumper tersebut ada 3 biji , dan karena kerja sentrifugal cluth pada pulley belakang bergesekan pada kecepatan tinggi , maka karena panas suhu tinggi seiring umur pasti akan menyebabkan karet melar, akibatnya kampas sentrifugal sudah menyentuh permukaan outer comp cluth (gambar no 1) sebelum kampas sentri fugal mendapat gaya pental dari rpm tinggi
tips murahnya adalah , potong permukaan karet yang melar……, namun kalau spare part tersedia mending ganti sekalian :)
kalau masih baru trus ada masalah seperti di atas coba komplain ke dealer mas mumpung masih garansi!
Special Thanks to http://azizyhoree.wordpress.com/2012/03/02/penyebab-honda-beat-tersendat-di-kecepatan-40-60kpj
0 comments:
Post a Comment